Sunday, November 13, 2011

KACAMATA

Postingan ini saya tulis hari minggu kemaren. Dan ternyata oh ternyata baru bisa saya post sekarang :)


Ternyata saya kembali menulis di blog ini, pada akhirnya saya akan tetap berkeluh kesah di tempat sampah saya tercinta ini :')

Hari ini sebenarnya ada cerita tentang upgrading KAMMI yang ingin saya posting, tapi sepertinya ada sedikit hal yang sedikit mengganjal di hati saya. Bukanlah hal yang penting sih, tapi seenggaknya bisa membantu kita untuk belajar bersyukur. Awalnya adalah percakapan dengan beberapa sahabat, beginilah kurang lebihnya :

A : "Yampuun, kamu ganti deh zi model kacamatanya, yg kayak gini tuh udah gak model sekarang."

saya : "Ah,ngapain, aku kan pake kacamata karena butuh, bukan buat gaya-gayaan

A : "Tapi ini kan udah gak model sekarang kayak gini, gak ada salahnya kan ikutin mode."

saya : "Tapi buat aku kacamata itu udah kebutuhan primer, bukan kebutuhan sekunder, jadi gak masalah" (jawaban saya sedikit gak nyambung heheh)

B :"Iya zi, soalnya kamu tuh kalo pake kayak gini tuh jadi tambah bulet"

saya :"Ah biarlah. Aku tuh minusnya banyak, gak bisa pake kacamata kayak gitu. Kalo pake kayak gitu nanti kacamataku kelihatan tebel."

Jawaban terakhir inilah yang membuat saya kembali teringat bagaimana masa lalu saya. Sebagai informasi, saya minus 7 dan silinder 2,5 (mata kanan dan kiri). Saya memang dilahirkan dengan kondisi penglihatan yang tidak sempurna. Bahkan saat kecil ibu saya selalu bilang kalo saya itu minus 4, ini untuk menghindari agar orang2 tidak mengkasihani saya, juga agar saya tidak merasa berbeda. Kalo kata ibu saya begini,

"Zaman dulu dek, anak kecil yang pake kacamata itu gak sebanya sekarang. Dulu tuh jaraaaaang banget. Bahkan kadang ibu ngerasa cuma kamu satu2nya anak yang pake kacamata."

Nah, sesuai dengan ucapan ibu, anak kecil jaman saya sedikit banget yang pake kacamata, jadinya walopun saya bilang minus 4, maka tetap saja orang itu akan mengkasihani saya :) Dan karena itu juga yang mebuat ibu saya pontang panting kesana kemari untuk mencari pengobatan untuk mata saya. Dari mulai dokter spesialis mata, pijat syaraf, obat2an tradisional dan resep2 penyembuh mata pun dicoba ibu saya. Pengobatan rutin setiap hari minggu di luar kota pun tak lelah dicoba ibu. Dulu saya rasakan biasa saja, tapi sekarang saya sangat terharu jika mengingat jerih payah dan pengorbanan ibu :')

Usaha ibu mulai mengendur saat saya diperiksakan ke dokter spesialis mata yang juga lulusan luar negeri, Katanya adalah mata saya memang tidak bisa kembali normal, yang bisa dilakukan adalah mencegah minusnya tidak bertambah. Dulu saya masih terlalu kecil untuk memahami, sekarang barulah saya berfikir bagaimana hancurnya perasaan ibu kala mendengar ucapan itu.

Masalah model kacamata, itu pernah menjadi impian saya saat kecil. Sudah dulu saya bermimpi memiliki kacamata dengan berbagai warna dan gaya. Tapi dengan minus sebanyak itu, membeli kacamata tidak segampang itu, apalagi dengan kondisi keluarga dulu yang masih memiliki banyak hal yang lebih diprioritaskan. Dan permasalahan intinya adalah, tidak semua model kacamata bisa cocok untuk saya. Apalagi untuk model kacamata2 yang lucu2. Hampir semuanya akan nampak tebal sekali jika saya pake. Hingga akhirnya saya pun tidak berharap banyak jika harus memilih kacamata. Bahkan ibu sering bilang,

"Dek, gak usah macem2 ya kalo beli kacamata. Soalnya kalo yang model itu tuh keliatan tebel banget kalo untuk minus sekamu. Kita cari yang bisa keliatan tipis aja ya. Besok deh kalo kamu udah gede, kalo udah kuliah, ibu beliin 2 kacamata biar bisa ganti2 :)"

Haha uzi kecil saat itu memang masih terlalu manja dan mungkin sedang memasuki masa puber, jadinya pengennya gaya2an :)

Dulu saat kecil, entah sampai kapan, saya masih bermimpi punya mata normal. Saya ingin duduk di belakang saat di kelas, bukan harus di barisan pertama ato kedua. Saya ingin bisa melihat teman saya di sekeliling saat di kolam renang. Saya ingin saat dewasa saya bisa meemakai sun glasses. Saya ingin menonton film 3D tanpa harus memakai kacamata bertumpuk. Saya ingin membaca harry potter yang tebalnya beratus halaman. Saya ingin bermain dengan tenang tanpa harus takut kacamata saya pecah. Saya ingin bergabung dengan klub pecinta alam dan bela diri. Saya ingin saat bangun tidur saya tak perlu panik jika tak menemukan kacamata di sebelah saya. Pada intinya saya ingin saat membuka mata, saya bisa melihat dunia dengan jelas tanpa kacamata.

Tapi kini saya mulai mengerti, semua impian itu mulai sedikit demi sedikit mulai saya kubur dalam2. Kacamata sudah menjadi teman saya. 24 jam dia menemani saya. Dia akan menunggu di samping saya saat saya tidur. Dia takkan pernah jauh dari saya. Setelah 15 tahun saya sudah terbiasa dengan kacamata. Bahkan saya menolak ketika ibu menawarkan untuk di laser :) Takkan terbayang bagaimana hidup saya tanpa kacamata.

Salah satu yang membuat saya berani mengubur impian masa kecil itu adalah perkataan ibu yang saya pegang hingga sekarang :

" Kamu emang beda dek. Tapi jangan minder yaa. Masih banyak diluar sana yang bahkan gak bisa melihat. Bersyukurlah sama Allah masih diberi penglihatan meskipun gak sempurna. Sekarang kamu jaga apa yang Allah berikan itu, berusaha semaksimal mungkin yaa biar minus kamu gak nambah :)"

Ya, kekuatan bersyukur. Bersyukur dengan apa yang Allah berikan kepada saya yang membuat segalanya terasa cukup. Membuat saya dan ibu serta keluarga menerima kenyataan yang ada setelah kita berusaha. Bahkan, karena kacamata juga yang mengajarkan pendewasaan pada diri saya. Karena bagaimana ibu saya mengajarkan untuk tidak minder lah yang membuat saya berani menjadi diri saya sendiri. Memang benar bahwa selalu ada hikmah dari apa yang Allah tetapkan pada kita. Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki, maka segalanya akan terasa cukup :)

No comments:

Post a Comment